Tema : Kepuasan konsumen diberbagai Restoran
JUDUL, PENGARANG, TAHUN
Pengaruh
kualitas layanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen
restoran bebek va java dikota bandung; Ita Apriliani Rosita; 2009
LATAR BELAKANG
Predikat Kota Bandung dan Jawa
barat sebagai daya tarik utama wisatawan domestic maupun mancanegara yang
dikenal sebagai surge belanja, pusat jajanan dan kuliner, seni dan budaya,
hingga wisata alam. Tidak akan pernah habis kata untuk mendeskripsikan kekayaan
kota Bandung yang salah satunya adalah kekayaan kuliernya.
Belakangan ini para penjaja
makanan bebek makin marak, mulai dari pedagang kaki lima, restoran hingga hotel
berbintang. Salah satu restoran yang menyediakan menu bebek adalah Restoran
Bebek Van Java yang merupakan spesialis bebek sejak tahun 2006. Restoran ini
menyajikan berbagai variasi menu bebek dengan bumbu tradisional dan memadukan
gaya penyajian dengan pelayanan modern.
MASALAH
- Bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung ?
- Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung ?
- Bagaimana pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung ?
- Bagaimana pengaruh kualitas layanan , produk dan harga terhadap kepuasan konsumen di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung ?
METODOLOGi
Tujuan
Penelitian
- Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung ?
- Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung ?
- Untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga layanan terhadap kepuasan konsumen di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung ?
- Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan , produk dan harga terhadap kepuasan konsumen di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung ?
Manfaat
Penelitian
Kegunaan
teoritis yaitu sebagai bahan pembelajaran bagi penulis juga untuk sumbangsih
pemikiran terhadap perkembangan pengetahuan khususnya dalam kajian ilmu
manajemen pemasaran yang berkaitan dengan kualitas layanan, produk, harga dankepuasan
konsumen dalam implementasi industry jasa boga Indonesia.
Kegunaan
praktis yaitu dapat member masukan untuk restoran yang penulis teliti.
Data dan Sumber
Data
Dalam penelitian ini menggunakan 2 data
yaitu data primer (langsung) dan data sekunder (tidak langsung).
Jenis dan Sumber Data
No.
|
Data
Penelitian
|
Jenis
Data
|
Sumber Data
|
1.
|
Data
jumlah pendapatan dan pengunjung pada restoran Bebek Van Java di Kota Bandung
|
Data
Sekunder
|
Manajemen pada Restoran Bebek Van Java di Kota
Bandung
|
2.
|
Data
perkembangan Restoran di Kota Bandung
|
Data
Sekunder
|
Dinas pariwisata dan kebudayaan Kota Bandung
|
3.
|
Gambaran
mengenai kualitas layanan, kualitas produk, harga dan kepuasan konsumen pada
Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung
|
Data
Primer
|
Konsumen pada Restoran Bebek Van Java di Kota
Bandung
|
Populasi dan
Sampel
Dalam penelitian ini yang akan menjadi
populasinya adalah konsumen yang mengunjungi dan melakukan pembelian di
Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung sejumlah 35.984 dalam satu taun
terakhir ( periode tahun 2011). Dalam penelitian ini penulis menggunakan random
sampling atau nonprobability sampling.
Variabel
Penelitian
Objek penelitian yang menjadi variable independen
adalah kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2), Harga (X3), sedangkan variable
dependennya adalah kepuasan konsumen (Y).
Teknik Pengumpulan
Data
1. Wawancara
yaitu melakukan tanya jawab dengan orang-orang yang berkaitan langsung dengan
objek yang diteliti.
2. Studi
dokumentasi yaitu pengumpulan data dengan cara mempelajari dan membaca literatur-literatur.
3. Angket
yaitu memberikan sejumlah pertanyaan kepada responden yang bertujuan untuk
memperoleh informasi mengenai permasalahan yang diteliti.
Hasil
pembahasan dan kesimpulan
Kualitas pelayanan , harga, dan
produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Maka dari itu
pentingnya memberikan pelayanan yang baik dalam sebuah restoran dapat menunjang
keberhasilan restoran tersebut. Karena fakta bahwa pelayanan yang baik dapat
memicu konsumen untuk terus datang kembali ke restoran tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar