Minggu, 21 Oktober 2012

Analisis Jurnal 3



Tema    : Kepuasan konsumen diberbagai Restoran

JUDUL, PENGARANG, TAHUN
Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen restoran bebek va java dikota bandung; Ita Apriliani Rosita; 2009

LATAR BELAKANG
                Predikat Kota Bandung dan Jawa barat sebagai daya tarik utama wisatawan domestic maupun mancanegara yang dikenal sebagai surge belanja, pusat jajanan dan kuliner, seni dan budaya, hingga wisata alam. Tidak akan pernah habis kata untuk mendeskripsikan kekayaan kota Bandung yang salah satunya adalah kekayaan kuliernya.
                Belakangan ini para penjaja makanan bebek makin marak, mulai dari pedagang kaki lima, restoran hingga hotel berbintang. Salah satu restoran yang menyediakan menu bebek adalah Restoran Bebek Van Java yang merupakan spesialis bebek sejak tahun 2006. Restoran ini menyajikan berbagai variasi menu bebek dengan bumbu tradisional dan memadukan gaya penyajian dengan pelayanan modern.


MASALAH
  1. Bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung ?
  2. Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung ? 
  3. Bagaimana pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung ?
  4. Bagaimana pengaruh kualitas layanan , produk dan harga terhadap kepuasan konsumen di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung ?

METODOLOGi
Tujuan Penelitian
  1. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung ?
  2. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung ?
  3. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga layanan terhadap kepuasan konsumen di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung ?
  4. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan , produk dan harga terhadap kepuasan konsumen di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung ?

Manfaat Penelitian
Kegunaan teoritis yaitu sebagai bahan pembelajaran bagi penulis juga untuk sumbangsih pemikiran terhadap perkembangan pengetahuan khususnya dalam kajian ilmu manajemen pemasaran yang berkaitan dengan kualitas layanan, produk, harga dankepuasan konsumen dalam implementasi industry jasa boga Indonesia.

Kegunaan praktis yaitu dapat member masukan untuk restoran yang penulis teliti.

Data dan Sumber Data
      Dalam penelitian ini menggunakan 2 data yaitu data primer (langsung) dan data sekunder (tidak langsung).


Jenis dan Sumber Data
No.
Data Penelitian
Jenis Data
Sumber Data
1.
Data jumlah pendapatan dan pengunjung pada restoran Bebek Van Java di Kota Bandung
Data Sekunder
Manajemen pada Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung
2.
Data perkembangan Restoran di Kota Bandung
Data Sekunder
Dinas pariwisata dan kebudayaan Kota Bandung
3.
Gambaran mengenai kualitas layanan, kualitas produk, harga dan kepuasan konsumen pada Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung
Data Primer
Konsumen pada Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung

Populasi dan Sampel
      Dalam penelitian ini yang akan menjadi populasinya adalah konsumen yang mengunjungi dan melakukan pembelian di Restoran Bebek Van Java di Kota Bandung sejumlah 35.984 dalam satu taun terakhir ( periode tahun 2011). Dalam penelitian ini penulis menggunakan random sampling atau nonprobability sampling.

Variabel Penelitian
      Objek penelitian yang menjadi variable independen adalah kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2), Harga (X3), sedangkan variable dependennya adalah kepuasan konsumen (Y).

Teknik Pengumpulan Data
1.      Wawancara yaitu melakukan tanya jawab dengan orang-orang yang berkaitan langsung dengan objek yang diteliti.
2.      Studi dokumentasi yaitu pengumpulan data dengan cara mempelajari dan membaca literatur-literatur.
3.      Angket yaitu memberikan sejumlah pertanyaan kepada responden yang bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai permasalahan yang diteliti.

Hasil pembahasan dan kesimpulan
            Kualitas pelayanan , harga, dan produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Maka dari itu pentingnya memberikan pelayanan yang baik dalam sebuah restoran dapat menunjang keberhasilan restoran tersebut. Karena fakta bahwa pelayanan yang baik dapat memicu konsumen untuk terus datang kembali ke restoran tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar