Tema : Kepuasan konsumen diberbagai Restoran
JUDUL, PENGARANG, TAHUN
Analisis Kepuasan Konsumen Restoran
Ayam Geprek Istimewa Bogor; Karina Kartika Sari; 2009
LATAR BELAKANG
Bogor merupakan salah satu kota yang
memiliki potensi perkembangan restoran yang cukup baik mengingat Bogor adalah
tempat transit para wisatawan karena berada di jalur lalu lintas
Jakarta-Bandung. Banyaknya tempat wisata yang tersebar di Kota Bogor seperti
Kebun Raya Bogor, Kawasan Puncak, Kawasan Wisata Gunung Salak, Taman Bermain
Junggle dan Taman Safari Indonesia juga merupakan daya tarik bagi wisatawan
untuk berkunjung di kota ini. Pada Tahun 2008 tercatat sebanyak 2.393.598
wisatawan yang berkunjung ke Kota Bogor (Dinas Informasi Kepariwisataan dan
Kebudayaan Kota Bogor, 2009).
Selain itu, semakin tingginya jumlah
penduduk Kota Bogor yang bekerja menyebabkan perilaku pergeseran gaya hidup
juga terjadi di kota ini. Salah satu perubahan tersebut adalah perilaku makan.
Dengan kesibukan yang dimiliki, sebagian masyarakat Kota Bogor tidak memiliki
cukup waktu untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan termasuk dalam kebutuhan
dasar makanan. Sebagian masyarakat Kota Bogor mencari pola konsumsi yang lebih
bersifat praktis, cepat dan nyaman. Kegiatan pola konsumsi yang lebih bersifat
praktis, cepat dan nyaman tersebut dapat diperoleh masyarakat melalui
restoran-restoran yang tersebar.
Restoran Ayam Geprek Istimewa merupakan salah
satu restoran tradisional yang berada di Kota Bogor. Restoran ini berlokasi di
Jalan Bangbarung Raya No. 54 Bogor. Restoran Ayam Geprek Istimewa telah berdiri
lima tahun yang lalu dan berusaha mampu bertahan ditengah persaingan usaha
dengan restoran lain. Saat ini Restoran Ayam Geprek Istimewa sedang mengalami penurunan
trend penjualan, sehingga perlu pengkajian kepuasan konsumennya.
MASALAH
- Bagaimana kepuasan konsumen Restoran Ayam Geprek Istimewa?
- Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen Restoran Ayam Geprek Istimewa?
- Implikasi strategi apa yansg dapat diberikan untuk meningkatkan kinerja restoran serta kepuasan konsumen?
METODOLOGI
Tujuan
Penelitian
- Menganalisis kepuasan konsumen Restoran Ayam Geprek Istimewa.
- Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen Restoran Ayam Geprek Istimewa.
- Memberikan implikasi strategi yang dapat dilakukan oleh restoran untuk meningkatkan kinerja restoran serta kepuasan konsumen
Manfaat
Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah
dengan diketahuinya karakteristik konsumen dan kepuasan konsumen dapat menjadi
masukan yang berarti bagi Restoran Ayam Geprek Istimewa agar mampu menghadapi persaingan
pada bisnis ini. Bagi peneliti untuk dapat memberikan wawasan, pengalaman dan
informasi baru sekaligus sebagai wadah untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang
didapatkan di perkuliahan.
Data
dan Sumber Data
Data yang digunakan dalam penelitian ada
dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui
hasil penelitian kepuasan pelanggan Restoran Ayam Geprek Istimewa. Pengisian
kuesioner dilakukan dengan mewawancarai secara langsung responden yaitu
pelanggan Restoran Ayam Geprek Istimewa. Data sekunder diperoleh dari beberapa
literatur yang relevan, instansi yang terkait seperti Badan Pusat Statistik
(BPS), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, perpustakaan, serta data yang dapat
diakses dari internet dan pustaka lain yang berkaitan dengan topik penelitian.
Populasi
dan Sampel
Penelitian
ini menggunakan alat analisis Structural Equation Model (SEM). Ukuran
sampel yang disarankan untuk analisis ini adalah antara 100-200 (Firdaus
dan Farid, 2008). Peneliti mengambil 110 responden terpilih dengan menyebarkan
110 kuesioner. 110 responden dipilih dengan pertimbangan 100 responden
merupakan ukuran sampel minimun yang disarankan dalam analisis
SEM, sedangkan
10 responden lagi merupakan 10 persen dari 100 responden yang dapat dijadikan
sebagai cadangan apabila terdapat data kuesioner yang tidak valid. Pengambilan
kuesioner dilakukan pada waktu siang, sore dan malam, serta pada hari kerja, weekend
(sabtu minggu), dan hari libur nasional. Hal ini dilakukan agar hasil data
kuesioner dapat mewakilii keadaan dan situasi yang terjadi di Restoran Ayam
Geprek Istimewa.
Variabel
Penelitian
- Variabel laten yang digunakan yaitu kepuasan, kualitas produk, harga, service quality (kualitas pelayanan), dan kemudahan.
- Variabel indikator dari kualitas produk adalah cita rasa produk yaitu Kandungan rempah, rasa gurih, garing, dan empuk
- Variabel indikator dari harga adalah harga produk.
- Variabel-variabel yang berpengaruh membangun kepuasan terhadap kualitas pelayanan adalah kebersihan restoran, kecepatan mengantarkan pesanan dan kesigapan pelayan.
- Variabel indikator yang membangun kepuasan terhadap kemudahan adalah kemudahan mancapai lokasi, kemudahan memperoleh tempat parkir dan kemudahan mendapatkan tempat duduk.
Metode
Analisis
Data yang telah dikumpulkan diolah secara kualitatif
dan kuantitatif. Pengolahan data mengunakan Microsoft Exel dan SPSS 15 for
windows untuk tabulasi deskriptif yang menjelaskan karakteristik konsumen.
Skala Likert digunakan untuk memperlihatkan tanggapan konsumen terhadap karakteristik
terhadap produk.
Hasil
Pembahasan dan Kesimpulan
Semakin pesatnya perkembangan dalam
dunia bisnis terutama kuliner yang menyediakan fasilitas makanan dan minum
dimana hal ini merupakan kebutuhan sehari-hari setiap individu. Maka dengan
adanya penelitian terhadap Restoran Ayam geprek ini, diharapkan Restoran Ayam
Geprek dapat mengatasi persaingan yang semakin ketat pula. Dengan menghadirkan cirri
khas dari Restoran Ayam Geprek yaitu makanan sunda dengan sambelnya yang khas. Sehingga
menu inilaah yang dapat menarik para pelanggan untuk datang dan mencoba karena
penasaran dengan bentuk dan rasa dari Ayam Geprek itu sendiri. Maka hal ini
akan sangat membantu Restoran untuk tetap terus bertahan menghadapi ketatnya
persaiangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar