Minggu, 21 Oktober 2012

ANALISIS JURNAL 2




Tema    : Kepuasan konsumen diberbagai Restoran

JUDUL, PENGARANG, TAHUN
Analisis Kepuasan Konsumen Restoran Ayam Geprek Istimewa Bogor; Karina Kartika Sari; 2009

LATAR BELAKANG
Bogor merupakan salah satu kota yang memiliki potensi perkembangan restoran yang cukup baik mengingat Bogor adalah tempat transit para wisatawan karena berada di jalur lalu lintas Jakarta-Bandung. Banyaknya tempat wisata yang tersebar di Kota Bogor seperti Kebun Raya Bogor, Kawasan Puncak, Kawasan Wisata Gunung Salak, Taman Bermain Junggle dan Taman Safari Indonesia juga merupakan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung di kota ini. Pada Tahun 2008 tercatat sebanyak 2.393.598 wisatawan yang berkunjung ke Kota Bogor (Dinas Informasi Kepariwisataan dan Kebudayaan Kota Bogor, 2009).
Selain itu, semakin tingginya jumlah penduduk Kota Bogor yang bekerja menyebabkan perilaku pergeseran gaya hidup juga terjadi di kota ini. Salah satu perubahan tersebut adalah perilaku makan. Dengan kesibukan yang dimiliki, sebagian masyarakat Kota Bogor tidak memiliki cukup waktu untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan termasuk dalam kebutuhan dasar makanan. Sebagian masyarakat Kota Bogor mencari pola konsumsi yang lebih bersifat praktis, cepat dan nyaman. Kegiatan pola konsumsi yang lebih bersifat praktis, cepat dan nyaman tersebut dapat diperoleh masyarakat melalui restoran-restoran yang tersebar.
Restoran Ayam Geprek Istimewa merupakan salah satu restoran tradisional yang berada di Kota Bogor. Restoran ini berlokasi di Jalan Bangbarung Raya No. 54 Bogor. Restoran Ayam Geprek Istimewa telah berdiri lima tahun yang lalu dan berusaha mampu bertahan ditengah persaingan usaha dengan restoran lain. Saat ini Restoran Ayam Geprek Istimewa sedang mengalami penurunan trend penjualan, sehingga perlu pengkajian kepuasan konsumennya.

MASALAH
  1. Bagaimana kepuasan konsumen Restoran Ayam Geprek Istimewa?
  2. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen Restoran Ayam Geprek Istimewa?
  3. Implikasi strategi apa yansg dapat diberikan untuk meningkatkan kinerja restoran serta kepuasan konsumen?

METODOLOGI
Tujuan Penelitian
  1. Menganalisis kepuasan konsumen Restoran Ayam Geprek Istimewa.
  2. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen Restoran Ayam Geprek Istimewa.
  3. Memberikan implikasi strategi yang dapat dilakukan oleh restoran untuk meningkatkan kinerja restoran serta kepuasan konsumen

Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah dengan diketahuinya karakteristik konsumen dan kepuasan konsumen dapat menjadi masukan yang berarti bagi Restoran Ayam Geprek Istimewa agar mampu menghadapi persaingan pada bisnis ini. Bagi peneliti untuk dapat memberikan wawasan, pengalaman dan informasi baru sekaligus sebagai wadah untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang didapatkan di perkuliahan.

Data dan Sumber Data
Data yang digunakan dalam penelitian ada dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui hasil penelitian kepuasan pelanggan Restoran Ayam Geprek Istimewa. Pengisian kuesioner dilakukan dengan mewawancarai secara langsung responden yaitu pelanggan Restoran Ayam Geprek Istimewa. Data sekunder diperoleh dari beberapa literatur yang relevan, instansi yang terkait seperti Badan Pusat Statistik (BPS), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, perpustakaan, serta data yang dapat diakses dari internet dan pustaka lain yang berkaitan dengan topik penelitian.

Populasi dan Sampel
Penelitian ini menggunakan alat analisis Structural Equation Model (SEM). Ukuran sampel yang disarankan untuk analisis ini adalah antara 100-200 (Firdaus dan Farid, 2008). Peneliti mengambil 110 responden terpilih dengan menyebarkan 110 kuesioner. 110 responden dipilih dengan pertimbangan 100 responden merupakan ukuran sampel minimun yang disarankan dalam analisis
SEM, sedangkan 10 responden lagi merupakan 10 persen dari 100 responden yang dapat dijadikan sebagai cadangan apabila terdapat data kuesioner yang tidak valid. Pengambilan kuesioner dilakukan pada waktu siang, sore dan malam, serta pada hari kerja, weekend (sabtu minggu), dan hari libur nasional. Hal ini dilakukan agar hasil data kuesioner dapat mewakilii keadaan dan situasi yang terjadi di Restoran Ayam Geprek Istimewa.

Variabel Penelitian
  1. Variabel laten yang digunakan yaitu kepuasan, kualitas produk, harga, service quality (kualitas pelayanan), dan kemudahan.
  2. Variabel indikator dari kualitas produk adalah cita rasa produk yaitu Kandungan rempah, rasa gurih, garing, dan empuk
  3. Variabel indikator dari harga adalah harga produk.
  4. Variabel-variabel yang berpengaruh membangun kepuasan terhadap kualitas pelayanan adalah kebersihan restoran, kecepatan mengantarkan pesanan dan kesigapan pelayan.
  5. Variabel indikator yang membangun kepuasan terhadap kemudahan adalah kemudahan mancapai lokasi, kemudahan memperoleh tempat parkir dan kemudahan mendapatkan tempat duduk.

Metode Analisis
Data yang telah dikumpulkan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Pengolahan data mengunakan Microsoft Exel dan SPSS 15 for windows untuk tabulasi deskriptif yang menjelaskan karakteristik konsumen. Skala Likert digunakan untuk memperlihatkan tanggapan konsumen terhadap karakteristik terhadap produk.

Hasil Pembahasan dan Kesimpulan
            Semakin pesatnya perkembangan dalam dunia bisnis terutama kuliner yang menyediakan fasilitas makanan dan minum dimana hal ini merupakan kebutuhan sehari-hari setiap individu. Maka dengan adanya penelitian terhadap Restoran Ayam geprek ini, diharapkan Restoran Ayam Geprek dapat mengatasi persaingan yang semakin ketat pula. Dengan menghadirkan cirri khas dari Restoran Ayam Geprek yaitu makanan sunda dengan sambelnya yang khas. Sehingga menu inilaah yang dapat menarik para pelanggan untuk datang dan mencoba karena penasaran dengan bentuk dan rasa dari Ayam Geprek itu sendiri. Maka hal ini akan sangat membantu Restoran untuk tetap terus bertahan menghadapi ketatnya persaiangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar