Minggu, 21 Oktober 2012

ANALISIS JURNAL 1




Tema    : Kepuasan konsumen diberbagai Restoran

JUDUL, PENGARANG, TAHUN
Analisis Pengaruh Harga, Produk, Kebersihan, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang ; Ryan Nur Harjanto ; 2010.

LATAR BELAKANG

Setiap perusahaan baik itu industri manufaktur maupun industry jasa dalam memasarkan produknya mempunyai tujuan. Secara umum tujuan perusahaan adalah mencapai dan meningkatkan keuntungan melalui volume penjualan yang menguntungkan, artinya laba itu dapat diperoleh dengan melalui pemuasan konsumen. Dengan laba ini perusahaan dapat tumbuh dan berkembang dapat menggunakan kemampuan yang lebih besar, dapat memberikan tingkat kepuasan yang lebih besar kepada konsumen serta dapat memperkuat kondisi perekonomian secara keseluruhan.

Berkembangnya restoran yang salah satunya di Mamamia Cabang Mrican yang tepatnya berada di Jl. Tentara Pelajar Semarang yang ingin memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumennya. Misalnya harga yang terjangkau, produk-produk pilihan, kebersihan, dan kualitas layanan. Pelayanan konsumen yang baik dan memuaskan harus merupakan misi utama bagi sebuah restoran dimana kepuasan pelanggan menjadi sorotan utama bagi banyak perusahaan-perusahaan dalam memutuskan strategi untuk memenangkan persaingan.
Kualitas pelayanan serta produk yang ditawarkan dengan harga murah didukung fasilitas juga menjadi modal utama untuk menarik minat konsumen.

Menurut Suarthana (2006 : 23) restoran adalah: ”tempat usaha yang komersial yang ruang lingkup kegiatannya menyediakan pelayanan makanan dan minuman untuk umum di tempat usahanya”. Sedangkan menurut Sihite (2000 : 16) restoran adalah: “suatu tempat dimana seseorang yang datang menjadi tamu yang akan mendapatkan pelayanan untuk menikmati makanan, baik pagi, siang, ataupun malam sesuai dengan jam bukanya dan oleh tamu yang menikmati hidangan itu harus membayar sesuai dengan harga yang ditentukan sesuai daftar yang disediakan di restoran itu”.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa restoran adalah tempat usaha yang melayani tamu yang datang dengan ruang lingkup kegiatannya menyediakan makanan dan minuman yang bersifat komersial.

MASALAH
  1. Seberapa besar pengaruh faktor harga terhadap kepuasan pelanggan di Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang?
  2. Seberapa besar pengaruh faktor produk terhadap kepuasan pelanggan di Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang?
  3. Seberapa besar pengaruh faktor kebersihan terhadap kepuasan pelanggan di Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang? 
  4. Seberapa besar pengaruh faktor kualitas layanan terhadap kepuasanpelanggan di Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang?

METODOLOGI
Tujuan Penelitia
  1.  Untuk mengetahui pengaruh faktor harga terhadap kepuasan pelanggan pada Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang
  2. Untuk mengetahui pengaruh faktor produk terhadap kepuasan pelanggan pada Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang.
  3. Untuk mengetahui pengaruh faktor kebersihan terhadap kepuasan pelanggan pada Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang.
  4. Untuk mengetahui pengaruh faktor pelayanan terhadap kepuasan pelanggan paada Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang.
      Manfaat Penelitian 
  1.  Sebagai bahan masukan dan informasi bagi restoran untuk perbaikan harga, produk, kebersihan, dan kualitas layanan guna memenuhi kepuasan pelanggan, sehingga dapat menentukan langkah-langkah selanjutnya yang diambil dalam mengukur kebijaksanaan dimasa yang akan datang.
  2. Sebagai bahan kajian ilmiah dari teori yang pernah didapat untuk bisa diimplementasikan secara empiris di lapangan. Sebagai bahan referensi bagi penelitian selanjutnya.

Data dan Sumber Data
Sumber data : data primer diolah, 2010
Jumlah Pengunjung Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang
Tahun 2006-2009

Tahun
Jumlah Pengunjung
2006
12.324 orang
2007
11.894 orang
2008
11.256 orang
2009
11.155 orang

Populasi dan Sampel
Populasi adalah keseluruhan objek atau subjek yang karakteristiknya hendak diteliti kemudian ditarik kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang kebetulan mengunjungi Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang.
Menurut Sugiyono, (2006: 81) “Sampel adalah bagian dari jumlahdan karakteristik yang dimiliki oleh populasi”. Roscoe dalam Sugiyono, (2006: 90) memberikan saran-saran tentang ukuran sampel yang layak dalam penelitian adalah 30 sampai dengan 500. Berdasarkan hal tersebut dan untuk efisiensi tenaga, waktu dan biaya maka besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden.

Variabel Penelitian
Variabel penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, obyek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang diterapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya (Sugiyono,2004). Pada umumnya, variabel dibedakan ke dalam dua jenis yaitu variabel bebas (independent variable) dan variabel terikat (dependent variable).
1.       Variable Bebas

  1. Harga (X1) Harga adalah sejumlah nilai yang harus dibayarkan konsumen untuk mendapatkan suatu barang di Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang. Barang yang dimaksud adalah makanan dan minuman.
  2. Produk (X2) Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan. Produk ini berupa makanan dan minuman di restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang.
  3. Kebersihan (X3) Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya debu, sampah, dan bau. Dalam hal ini restoran Mamamia harus menjaga kebersihan tempat dan makanannya.
  4. Kualitas Pelayanan (X4)Merupakan tingkat keunggulan yang diberikan restoran secara konsisten untuk memenuhi harapan konsumen,
2.       Variable Terikat
Variable terikatnya adalah kepuasan pelanggan (Y)

Metode Analisis
Analisis-analisis data yang digunakan ini adalah (Sutrisno Hadi, 2005) : 
  1. Analisis Kualitatif yaitu Analisis kualitatif adalah suatu analisis yang dibuat berdasarkan data dalam bentuk uraian dan hanya dapat diukur secara langsung. 
  2. Analisis Kuantitatif yaitu Analisis kuantitatif adalah suatu bentuk analisis yang menggunakan angka-angka dan perhitungan dengan metode statistic tertentu. Data kuantitatif harus diklasifikasikan dalam kategori tertentu dengan menggunakan tabel-tabel tertentu untuk mempermudah analisis program SPSS.

Hasil Pembahasan dan Kesimpulan
Suatu hal yang harus diperhatikan dalam persaingan adalah bagaimana setelah konsumen menerima dan merasakan manfaat atau nilai dari suatu produk, konsumen tersebut telah memiliki perilaku loyal, rasa puas dan komitmen terhadap produk tersebut (Mowen dan Minor, 2002).
Demikian pula dengan Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang yang lebih berorientasi pada upaya untuk mengarahkan pelanggan maupun calon pelanggan untuk lebih puas terhadap restoran. Kepuasan pelanggan tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor harga, produk, kebersihan, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, karena pelanggan yang puas terhadap produk berpotensi melakukan pembelian ulang terhadap produk. Nuryadi (2001) menyatakan bahwa bila sebuah perusahaan sudah memiliki pelanggan yang setia maka pendapatan ekonomi perusahaan
akan terjamin dengan adanya arus kas yang teratur.

Sumber                :
eprints.undip.ac.id/26490/2/jurnal_Ryan_Nur_Harjanto_(C2A606098).pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar