Tema : Kepuasan konsumen diberbagai Restoran
JUDUL, PENGARANG, TAHUN
Analisis Pengaruh Harga, Produk, Kebersihan, dan
Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Restoran Mamamia
Cabang Mrican Semarang ; Ryan Nur Harjanto ; 2010.
LATAR
BELAKANG
Setiap perusahaan baik itu
industri manufaktur maupun industry jasa dalam memasarkan produknya mempunyai
tujuan. Secara umum tujuan perusahaan adalah mencapai dan meningkatkan
keuntungan melalui volume penjualan yang menguntungkan, artinya laba itu dapat
diperoleh dengan melalui pemuasan konsumen. Dengan laba ini perusahaan dapat tumbuh
dan berkembang dapat menggunakan kemampuan yang lebih besar, dapat memberikan
tingkat kepuasan yang lebih besar kepada konsumen serta dapat memperkuat
kondisi perekonomian secara keseluruhan.
Berkembangnya restoran yang
salah satunya di Mamamia Cabang Mrican yang tepatnya berada di Jl. Tentara
Pelajar Semarang yang ingin memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumennya. Misalnya
harga yang terjangkau, produk-produk pilihan, kebersihan, dan kualitas layanan.
Pelayanan konsumen yang baik dan memuaskan harus merupakan misi utama bagi
sebuah restoran dimana kepuasan pelanggan menjadi sorotan utama bagi banyak
perusahaan-perusahaan dalam memutuskan strategi untuk memenangkan persaingan.
Kualitas pelayanan serta produk yang ditawarkan dengan harga
murah didukung fasilitas juga menjadi modal utama untuk menarik minat konsumen.
Menurut Suarthana (2006 : 23) restoran adalah: ”tempat usaha yang komersial yang ruang
lingkup kegiatannya menyediakan pelayanan makanan dan minuman untuk umum di
tempat usahanya”. Sedangkan menurut
Sihite (2000 : 16) restoran adalah: “suatu tempat dimana seseorang yang
datang menjadi tamu yang akan mendapatkan pelayanan untuk menikmati makanan,
baik pagi, siang, ataupun malam sesuai dengan jam bukanya dan oleh tamu yang
menikmati hidangan itu harus membayar sesuai dengan harga yang ditentukan
sesuai daftar yang disediakan di restoran itu”.
Dari pengertian diatas
dapat disimpulkan bahwa restoran adalah tempat usaha yang melayani tamu yang
datang dengan ruang lingkup kegiatannya menyediakan makanan dan minuman yang
bersifat komersial.
MASALAH
- Seberapa besar pengaruh faktor harga terhadap kepuasan pelanggan di Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang?
- Seberapa besar pengaruh faktor produk terhadap kepuasan pelanggan di Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang?
- Seberapa besar pengaruh faktor kebersihan terhadap kepuasan pelanggan di Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang?
- Seberapa besar pengaruh faktor kualitas layanan terhadap kepuasanpelanggan di Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang?
METODOLOGI
Tujuan Penelitia
- Untuk mengetahui pengaruh faktor harga terhadap kepuasan pelanggan pada Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang
- Untuk mengetahui pengaruh faktor produk terhadap kepuasan pelanggan pada Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang.
- Untuk mengetahui pengaruh faktor kebersihan terhadap kepuasan pelanggan pada Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang.
- Untuk mengetahui pengaruh faktor pelayanan terhadap kepuasan pelanggan paada Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang.
Manfaat
Penelitian
- Sebagai bahan masukan dan informasi bagi restoran untuk perbaikan harga, produk, kebersihan, dan kualitas layanan guna memenuhi kepuasan pelanggan, sehingga dapat menentukan langkah-langkah selanjutnya yang diambil dalam mengukur kebijaksanaan dimasa yang akan datang.
- Sebagai bahan kajian ilmiah dari teori yang pernah didapat untuk bisa diimplementasikan secara empiris di lapangan. Sebagai bahan referensi bagi penelitian selanjutnya.
Data
dan Sumber Data
Sumber
data : data primer diolah, 2010
Jumlah Pengunjung Restoran Mamamia
Cabang Mrican Semarang
Tahun 2006-2009
Tahun
|
Jumlah Pengunjung
|
2006
|
12.324 orang
|
2007
|
11.894 orang
|
2008
|
11.256 orang
|
2009
|
11.155 orang
|
Populasi
dan Sampel
Populasi
adalah keseluruhan objek atau subjek yang karakteristiknya hendak diteliti
kemudian ditarik kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang
kebetulan mengunjungi Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang.
Menurut Sugiyono, (2006:
81) “Sampel adalah bagian dari jumlahdan karakteristik yang dimiliki oleh
populasi”. Roscoe dalam Sugiyono, (2006: 90) memberikan
saran-saran tentang ukuran sampel yang layak dalam penelitian adalah 30
sampai dengan 500. Berdasarkan hal tersebut dan untuk efisiensi tenaga,
waktu dan biaya maka besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah 100 responden.
Variabel Penelitian
Variabel
penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, obyek atau
kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang diterapkan oleh peneliti untuk
dipelajari dan ditarik kesimpulannya (Sugiyono,2004). Pada umumnya, variabel
dibedakan ke dalam dua jenis yaitu variabel bebas (independent
variable)
dan variabel terikat (dependent variable).
1.
Variable Bebas
- Harga (X1) Harga adalah sejumlah nilai yang harus dibayarkan konsumen untuk mendapatkan suatu barang di Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang. Barang yang dimaksud adalah makanan dan minuman.
- Produk (X2) Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan. Produk ini berupa makanan dan minuman di restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang.
- Kebersihan (X3) Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya debu, sampah, dan bau. Dalam hal ini restoran Mamamia harus menjaga kebersihan tempat dan makanannya.
- Kualitas Pelayanan (X4)Merupakan tingkat keunggulan yang diberikan restoran secara konsisten untuk memenuhi harapan konsumen,
2.
Variable Terikat
Variable terikatnya adalah kepuasan pelanggan (Y)
Metode
Analisis
Analisis-analisis
data yang digunakan ini adalah (Sutrisno Hadi, 2005) :
- Analisis Kualitatif yaitu Analisis kualitatif adalah suatu analisis yang dibuat berdasarkan data dalam bentuk uraian dan hanya dapat diukur secara langsung.
- Analisis Kuantitatif yaitu Analisis kuantitatif adalah suatu bentuk analisis yang menggunakan angka-angka dan perhitungan dengan metode statistic tertentu. Data kuantitatif harus diklasifikasikan dalam kategori tertentu dengan menggunakan tabel-tabel tertentu untuk mempermudah analisis program SPSS.
Hasil
Pembahasan dan Kesimpulan
Suatu hal yang harus
diperhatikan dalam persaingan adalah bagaimana setelah konsumen menerima dan
merasakan manfaat atau nilai dari suatu produk, konsumen tersebut telah
memiliki perilaku loyal, rasa puas dan komitmen terhadap produk tersebut (Mowen
dan Minor, 2002).
Demikian pula dengan Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang
yang lebih berorientasi pada upaya untuk mengarahkan pelanggan maupun calon
pelanggan untuk lebih puas terhadap restoran. Kepuasan pelanggan tersebut
dipengaruhi oleh faktor-faktor harga, produk, kebersihan, dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, karena pelanggan yang puas terhadap
produk berpotensi melakukan pembelian ulang terhadap produk. Nuryadi (2001)
menyatakan bahwa bila sebuah perusahaan sudah memiliki pelanggan yang setia
maka pendapatan ekonomi perusahaan
akan terjamin dengan adanya arus kas yang teratur.
Sumber :
eprints.undip.ac.id/26490/2/jurnal_Ryan_Nur_Harjanto_(C2A606098).pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar