Minggu, 05 Mei 2013

tugas bahasa indonesia2- Proposal

PROPOSAL
Pengaruh factor harga, produk, kebersihan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen diberbai restoran”.


Nama  : Ovia dharma
Npm    : 15210292
kelas   : 3EA13



UNIVERSITAS GUNADARMA

1.         Latar Belakang
Ketatnya persaingan bisnis didunia kuliner mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran besar yang menyediakan beragam variasi menu hingga pelayanan yang memuaskan bagi para konsumennya. Selain rasa masakan, kualitas pelayanan juga menjadi salah satu ikon yang mempengaruhi tumbuh dan kembangnya suatu usaha. Beberapa restoran mungkin sudah menggunakan system informasi dan pemesanan yang modern dengan tujuan memberi kemudahan akses bagi para konsumennya.
Belakangan ini para penjaja kuliner terlihat makin marak, mulai dari ayam, bebek dan steak (daging). Peluang usaha ini banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha restoran yang memang menyediakan menu masakan tersebut, yang tampaknya kian berkembang seiring dengan minat masyarakat untuk menyantap menu kuliner tersebut.
Tidak aneh lagi apabila masyarakat yang bertindak sebagai konsumen akan menuntut kualitas dari produk itu sendiri, kualitas pelayanan restoran yang bersangkutan, dan yang paling penting adalah harga yang terjangkau. Hal ini dapat menjadi tantangan  dan daya tarik tersendiri bagi sebuah restoran untuk terus termotivasi dan berfikir bagaimana caranya mereka dapat terus mempertahankan restoran serta pelanggannya. Karena apabila minat beli masyarakat berkurang maka pendapatan restoranpun menurun. Hal  ini dapat diakibatkan oleh beberapa alasan tertentu, umumnya adalah harganya tidak sesuai dengan harapan atau pelayanannya tidak memuaskan atau bias jadi rasa dari produk tersebut tidak enak. Maka dari itu judul yang dipilih adalah “Pengaruh factor harga, produk, kebersihan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen diberbai restoran”.
2.          Masalah dan Tujuan
  • Masalah
  1. Bagaimana pengaruh factor harga terhadap kepuasa konsumen diberbagai Restoran
  2. Bagaimana pengaruh factor produk terhadap kepuasa konsumen diberbagai Restoran
  3.  Bagaimana pengaruh factor kebersihan terhadap kepuasa konsumen diberbagai Restoran 
  4. Bagaimana pengaruh factor kualitas pelayanan terhadap kepuasa konsumen diberbagai Restoran
  •       Tujuan
  1. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh factor harga terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
  2. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh factor produk terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
  3. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh factor kebersihan terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
  4. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh factor kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
3.          Kerangka Pemikiran
Harga (x1)
Produk (X2)
Kebersihan (X3)
Kualitas Layanan (X4)
Kepuasan Konsumen (Y)
4.          Teori 
  • Pengertian Restoran
Menurut Kotler (2001) “Usaha restoran termasuk pada pengolahan pelayanan jasa yang bersifat campuran yang dalam pelaksanaannya mengkombinasikan produk dan jasa. Restoran adalah salah satu jenis usaha jasa pangan yang bertempat disebagian atau seluruh bangunan yang permanen, dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyimpanan, penyajian dan penjualan makanan dan minuman bagi umum ditempat usahanya.
Adapun pengertian lain mengenai restoran yaitu ruang atau tempat dengan segala fasilitasnya yang menyediakan makanan dan minuman serta pelayanannya yang disesuaikan dengan permintaan konsumen. Tempat yang identik dengan jajaran meja-meja yang tersusun rapi dengan kehadiran orang, timbulnya aroma semerbak dari dapur dan pelayanan pramusaji, berdentingnya bunyi-bunyian kecil karena persentuhan gelas-gelas kaca, porselen, menyebabkan suasana hidup di dalamnya.
  •   Tujuan Restoran seperti yang diungkapkan oleh Djoko Suyono (2004 : 11) yaitu : “untuk     mencari keuntungan di bidang jasa boga dan memberikan kepuasan kepada tamu dalam pelayanan makanan maupun minuman”.
  • Jenis-jenis Restoran
Jenis restoran berdasarkan pelayanan :
A.      Grill Room
Restoran formal, menawarkan dan menyajikan segala yg berkualitas nomor satu, baik makanan, pelayanan, tata ruang, hingga peralatan makan. dilakukan dengan French Service yg dikenal dengan Flambe dan Carving.
B.      Dining Room
Mengutamakan kualitas dan pelayanan kepada tamu dengan menyajikan makanan terkenal dari berbagai belahan dunia dengan kekhasan makanan eropa serta elaborate concept
C.      Coffee Shop
Penyajian makanan secara cepat, sudah diporsi di atas piring dan langsung ke meja tamu
D.     Cafetaria
Menyajikan makanan siap saji dan minuman ringan dengan pelayanan cepat. lebih dikenal dengan self standing cafetaria atau fast food. biasanya makanan dipajang di atas konter.
E.      Continental Restaurant
Suasana menarik, lebih menonjolkan jenis makanan yg diperuntukkan bagi tamu2 yg menyenangi makanan berkualitas baik dan enak dengan suasana yg tenang dan santai. mengutamakan makanan terkenal dari eropa dengan penyajian lengkap dari appetizer, soup, main course dan dessert
F.      Supper Club
Lebih mengutamakan show dengan artis2 bintang dunia terkenal. makanan hanya untuk sambilan. biasanya harga pertunjukkan sudah terrmasuk harga makanan/supper
G.      Night Club
Tempat hiburan yg buka pada malam hari. lebih mengutamakan hiburan untuk dansa atau kabaret, dilengkapi dengan fasilitas bar yg menyediakan minuman beralkohol dan minuman ringan. makanan hanya fasilitas pelengkap
H.     Speciality Restaurant
Punya karakteristik sendiri baik dalam suasana, interior dan eksterior, makanan hingga seragam pegawai.
  • Klasifikasi Restoran Menurut Nugraha (2004) dalam Annisya (2006), klasifikasi restoran berdasarkan pengelolaannya dan sistem penyajiannya dibagi menjadi tiga, yaitu :
a)  Restoran Formal yaitu restoran yang dikelola secara komersil dan profesional dengan pelayanan yang eksklusif.
b) Restoran Informal seperti halnya restoran formal hanya lebih mengutamakan kecepatan pelayanan dan umumnya dengan harga yang lebih murah.
c) Specialist restoran, yaitu restoran yang menyajikan makanan dengan sistem penyajian yang khas dari suatu negara tertentu. 
5.       Penelitian Terdahulu
o   Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang tahun 2010


o   Restoran Ayam Geprek Istimewa Bogor tahun 2009
o   Restoran Bebek Van Java Kota Bandung tahun 2009
6.             Hipotesis
Kepuasan konsumen diberbagai Restoran dipengaruhi oleh harga, produk, kebersihan dan kualitas Pelayanan.
7.            Metodologi
1)    Data dan Sumber Data
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data yang diperoleh atau sudah dibuat oleh pihak lain dengan konsumen Restoran sebagai sumber datanya.
2)    Variabel dan Metode Penelitian
·         Variabel
1.      Variable bebas
·        Harga (X1)
Harga adalah sejumlah nilai yang harus dibayarkan konsumen untuk mendapatkan suatu barang di Restoran. Barang yang dimaksud adalah makanan dan minuman.
·        Produk (X2)
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan. Produk ini berupa makanan dan minuman di restoran.
·        Kebersihan (X3)
Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya debu, sampah, dan bau. Dalam hal ini restoran-restoran diatas harus menjaga kebersihan tempat dan makanannya.
·        Kualitas Pelayanan (X4)
Merupakan tingkat keunggulan yang diberikan restoran secara konsisten untuk memenuhi harapan konsumen,
2.      Variable Terikat
·        Kepuasan Pelanggan (Y)
Umumnya harapan pelanggan merupakan perkiraan atau keyakinan pelanggan tentang apa yang akan diterimanya bila ia membeli atau mengkonsumsi suatu produk di Restoran. Sedangkan kinerja yang dirasakan adalah daya tanggap pelanggan terhadap apa yang diterima setelah mengkonsumsi produk yang dibeli.
·         Metode Penelitian
1.   Populasi adalah keseluruhan obyek atau subyek yang karakteristiknya hendak diteliti kemudian ditarik kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen ketiga Restoran tersebut.
2.    Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi”. Roscoe dalam Sugiyono, (2006: 90) memberikan saran-saran tentang ukuran sampel yang layak dalam penelitian adalah 30 sampai dengan 500.
3)    Model Penelitian
Model matematis
Y = a+b1x1+b2x2+b3x3+b4x4
Dimana :
Y = kepuasan pelanggan
a = konstanta
x1= variabel harga
x2= variabel produk
x3= variabel kebersihan
x4= variabel kualitas pelayanan
b1= koefisien regresi x1
b2= koefisien regresi x2
b3= koefisien regresi x3
b4= koefisien regresi x4





Tidak ada komentar:

Posting Komentar