BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Ketatnya
persaingan bisnis didunia kuliner mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran
besar yang menyediakan beragam variasi menu hingga pelayanan yang memuaskan
bagi para konsumennya. Selain rasa masakan, kualitas pelayanan juga menjadi
salah satu ikon yang mempengaruhi tumbuh dan kembangnya suatu usaha. Beberapa
restoran mungkin sudah menggunakan system informasi dan pemesanan yang modern
dengan tujuan memberi kemudahan akses bagi para konsumennya.
Belakangan
ini para penjaja kuliner terlihat makin marak, mulai dari ayam, bebek dan steak
(daging). Peluang usaha ini banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha restoran yang
memang menyediakan menu masakan tersebut, yang tampaknya kian berkembang
seiring dengan minat masyarakat untuk menyantap menu kuliner tersebut.
Tidak
aneh lagi apabila masyarakat yang bertindak sebagai konsumen akan menuntut
kualitas dari produk itu sendiri, kualitas pelayanan restoran yang
bersangkutan, dan yang paling penting adalah harga yang terjangkau. Hal ini
dapat menjadi tantangan dan daya tarik
tersendiri bagi sebuah restoran untuk terus termotivasi dan berfikir bagaimana
caranya mereka dapat terus mempertahankan restoran serta pelanggannya. Karena
apabila minat beli masyarakat berkurang maka pendapatan restoranpun menurun.
Hal ini dapat diakibatkan oleh beberapa
alasan tertentu, umumnya adalah harganya tidak sesuai dengan harapan atau
pelayanannya tidak memuaskan atau bias jadi rasa dari produk tersebut tidak
enak. Maka dari itu judul yang dipilih adalah “Pengaruh factor harga, produk, kebersihan dan kualitas pelayanan
terhadap kepuasan konsumen diberbai restoran”.
1.2
Identifikasi Masalah
Berdasarkan
uraian diatas maka identifikasi masalahnya dapat dirumuskan sebagai berikut :
- Bagaimana pengaruh faktor harga terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
- Bagaimana pengaruh faktor produk terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
- Bagaimana pengaruh faktor kebersihan terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
- Bagaimana pengaruh faktor kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
1.3
Tujuan Penelitian
- Untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor harga terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
- Untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor produk terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
- Untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor kebersihan terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
- Untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
1.4
Manfaat Penelitian
Manfaat
yang diharapkan adalah dengan diketahuinya karakteristik yang berbeda dari
masing-masing konsumen dapat menjadi masukan yang positif bagi Restoran yang
memang diteliti yaitu, Mamamia Cabang Mrican Semarang, Ayam Geprek Istimewa
Bogor dan Bebek Van Java Kota Bandung agar mampu menghadapi persaingan bisnis
kuliner. Serta menambah informasi sehubungan dengan mata kuliah yang didapatkan
diperkuliahan.
1.5
Ruang Lingkup dan Batasan Penelitian
Ruang
lingkup dan batasan penelitian ini dilakukan di Restoran Mamamia Cabang Mrican
Semarang, Ayam Geprek Istimewa Bogor, dan Bebek Van Java Kota Bandung yang
hannya mengukur kepuasan terhadap harga, produk, kebersihan, dan kualitas
pelayanan Restoran tersebut.
1.6 Kerangka Pemikiran
Harga (x1)
Produk (X2)
Kebersihan (X3)
Kualitas Layanan (X4)
Kepuasan Konsumen (Y)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar