Jumat, 23 November 2012

Metode Riset




BAB I
PENDAHULUAN
1.1            Latar Belakang Masalah
Ketatnya persaingan bisnis didunia kuliner mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran besar yang menyediakan beragam variasi menu hingga pelayanan yang memuaskan bagi para konsumennya. Selain rasa masakan, kualitas pelayanan juga menjadi salah satu ikon yang mempengaruhi tumbuh dan kembangnya suatu usaha. Beberapa restoran mungkin sudah menggunakan system informasi dan pemesanan yang modern dengan tujuan memberi kemudahan akses bagi para konsumennya.
Belakangan ini para penjaja kuliner terlihat makin marak, mulai dari ayam, bebek dan steak (daging). Peluang usaha ini banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha restoran yang memang menyediakan menu masakan tersebut, yang tampaknya kian berkembang seiring dengan minat masyarakat untuk menyantap menu kuliner tersebut.
Tidak aneh lagi apabila masyarakat yang bertindak sebagai konsumen akan menuntut kualitas dari produk itu sendiri, kualitas pelayanan restoran yang bersangkutan, dan yang paling penting adalah harga yang terjangkau. Hal ini dapat menjadi tantangan  dan daya tarik tersendiri bagi sebuah restoran untuk terus termotivasi dan berfikir bagaimana caranya mereka dapat terus mempertahankan restoran serta pelanggannya. Karena apabila minat beli masyarakat berkurang maka pendapatan restoranpun menurun. Hal  ini dapat diakibatkan oleh beberapa alasan tertentu, umumnya adalah harganya tidak sesuai dengan harapan atau pelayanannya tidak memuaskan atau bias jadi rasa dari produk tersebut tidak enak. Maka dari itu judul yang dipilih adalah “Pengaruh factor harga, produk, kebersihan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen diberbai restoran”.

1.2            Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian diatas maka identifikasi masalahnya dapat dirumuskan sebagai berikut :
  1. Bagaimana pengaruh faktor harga terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
  2. Bagaimana pengaruh faktor produk terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
  3. Bagaimana pengaruh faktor kebersihan terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
  4. Bagaimana pengaruh faktor kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran

1.3            Tujuan Penelitian
  1. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor harga terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
  2. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor produk terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran
  3. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor kebersihan terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran 
  4. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen diberbagai Restoran

1.4            Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan adalah dengan diketahuinya karakteristik yang berbeda dari masing-masing konsumen dapat menjadi masukan yang positif bagi Restoran yang memang diteliti yaitu, Mamamia Cabang Mrican Semarang, Ayam Geprek Istimewa Bogor dan Bebek Van Java Kota Bandung agar mampu menghadapi persaingan bisnis kuliner. Serta menambah informasi sehubungan dengan mata kuliah yang didapatkan diperkuliahan.

1.5            Ruang Lingkup dan Batasan Penelitian
Ruang lingkup dan batasan penelitian ini dilakukan di Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang, Ayam Geprek Istimewa Bogor, dan Bebek Van Java Kota Bandung yang hannya mengukur kepuasan terhadap harga, produk, kebersihan, dan kualitas pelayanan Restoran tersebut.

1.6      Kerangka Pemikiran
            Harga (x1)
Produk (X2)
Kebersihan (X3)
Kualitas Layanan (X4)
Kepuasan Konsumen (Y)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar