Senin, 26 November 2012

metode riset


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1      Data dan Sumber Data
            Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data yang diperoleh atau sudah dibuat oleh pihak lain dengan konsumen Restoran sebagai sumber datanya.

3.2      Variabel 
  1. Variable bebas
  • Harga (X1) adalah sejumlah nilai yang harus dibayarkan konsumen untuk mendapatkan suatu barang di Restoran. Barang yang dimaksud adalah makanan dan minuman.
  •  Produk (X2) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan. Produk ini berupa makanan dan minuman di restoran.
  • Kebersihan (X3) adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya debu, sampah, dan bau. Dalam hal ini restoran-restoran diatas harus menjaga kebersihan tempat dan makanannya.
  • Kualitas Pelayanan (X4) Merupakan tingkat keunggulan yang diberikan restoran secara konsisten untuk memenuhi harapan konsumen,
     2.   Variable Terikat
  • Kepuasan Pelanggan (Y) Umumnya harapan pelanggan merupakan perkiraan atau keyakinan pelanggan tentang apa yang akan diterimanya bila ia membeli atau mengkonsumsi suatu produk di Restoran. Sedangkan kinerja yang dirasakan adalah daya tanggap pelanggan terhadap apa yang diterima setelah mengkonsumsi produk yang dibeli.

3.3      Metode Analisis 
  • Metode kuantitatif deskriptif  bertujuan untuk menggambarkan kepada pembaca dan mengungkapkan suatu masalah, keadaan, dan peristiwan sebagai adanya mengungkapkan secara lebih mendalam mengenai kepuasan konsumen yang diterima.
  • Metode kualitatif yaitu dalam bentuk uraian dan hannya dapat diukur secara langsung.
  • Metode kuantitatif menggunakan amgka-angka dan perhitungan dengan metode statistic tertentu.

3.4      Metode Penelitian
  1. Populasi adalah keseluruhan obyek atau subyek yang karakteristiknya hendak diteliti kemudian ditarik kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen ketiga Restoran tersebut.
  2. Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi”. Roscoe dalam Sugiyono, (2006: 90) memberikan saran-saran tentang ukuran sampel yang layak dalam penelitian adalah 30 sampai dengan 500.


3.5      Model Penelitian

Model matematis
Y = a+b1x1+b2x2+b3x3+b4x4
Dimana :
Y = kepuasan pelanggan
a = konstanta
x1= variabel harga
x2= variabel produk
x3= variabel kebersihan
x4= variabel kualitas pelayanan
b1= koefisien regresi x1
b2= koefisien regresi x2
b3= koefisien regresi x3
b4= koefisien regresi x4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar