BAB V
PENUTUP
5.1 KESIMPULAN
1. Harga
terhadap kepuasan pelanggan di berbagai Restoran
Karena harga yang ditawarkan terjangkau,
sehingga sesuai dengan daya beli konsumen. Selain itu strategi harga seperti
pemberian diskon dapat menjaga konsumen lama dan mencari konsumen yang
potensial agar menjadi langganan.
2. Produk terhadap
kepuasan pelanggan di berbagai Restoran
Karena keunikan dan kekhasan rasanya dapat membuat
konsumen merasa tertarik untuk mencoba hingga pada akhirnya merasa puas dan
terus menerus melakukan pembelian ulang atau bisa dikatakan sebagai konsumen
yang setia terhadap produk restoran yang bersangkutan.
3. Kebersihan terhadap
kepuasan pelanggan di berbagai Restoran
Selain tempat yang bersih, cara penyajian,
dan cara memasak yang bersih membuat para konsumen merasa nyaman untuk
melakukan pembelian direstoran yang bersangkutan. Selain itu kesan bersih
sangat berpengaruh terhadap daya pikir konsumen yang memang melihat terlebih
dahulu bagaimana situasi dan kondisi restoran yaitu bersih atau tidak, baru
kemudian berpikir untuk membeli.
4. Kualitas Pelayanan
terhadap kepuasan pelanggan di berbagai Restoran
Karena pelayanannya cepat sehingga dapat menimbulkan rasa kepuasan
tersendiri bagi konsumen karena mereka tidak perlu menunggu lama untuk
mendapatkan pesanannya.
5.2 SARAN
5.2.1 Kelemahan Penelitian
Penelitian ini juga masih memiliki keterbatsan-keterbatasan
penelitian yaitu, dalam penelitian ini hannya memfokuskan pada variabel harga,
produk, kebersihan dan kualitas pelayanan. Sementara masih banyak variabel lain
selain variabel independen dalam penelitian ini seperti rasa, variasi menu yang
ditawarkan, suasana restoran yang dapat dijadikan faktor dalam mempengaruhi
kepuasan pelanggan terhadap Restoran.
5.2.2 Rekomendasi
Penelitian Selanjutnya
Untuk
penelitian yang akan datang disarankan untuk meneliti restoran-restoran lain
yang menyediakan variasi menu yang jauh lebih banyak, atau lokasi restoran yang
menarik, atau fasilitas-fasilitas mewah maupun sederhana yang disediakan, sehingga
hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengganti atau mengubah variabel-variabel yang
nantinya akan diteliti sebagai faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan
pelanggan restoran yang bersangkutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar